Jumat, 28 Agustus 2009

SUPPORT INDONESIA

I am proud to be an Indonesian. Gue tahu ada negara-negara yang nganggep Indonesa itu sarang terorislah, banyak korupsilah, banyak TKI, but still, I am proud to be an Indonesian. Walaupun negara kita dicap jelek, walaupun kita bukan negara yang maju, hey, but we still have to be proud of our country!

Gue bukan mau ngebahas tentang Malaysia yang menjelekkan Indonesia (meskipun sempet bikin gue shock dan kaget). Apalagi Malaysia ngerubah lirik lagu Indonesia Raya jadi nggak banget. Mencuri kebudayaan khas Indonesia, menjelek-jelekkan nama Indonesia gitu aja. Bikin tambah parah, Singapore menjebe kayak Malaysia ngejelek-jelekkin negara kita.

Gue cuma mau bilang, bahwa, percuma aja kita marah-marah sama Malaysia yang udah nyuri budaya kita, Singapura yang udah ngejelek-jelekkin kita. Lebih baik, kata gue, daripada Indonesia ricuh dan ribut marah dan protes sama Malaysia, lebih baik perbaiki dulu negara kita. Kita masih punya banyak hal lain yang belum terurus. Misalnya kasus teroris bom, bencana alam, dll. Anggap aja semua pelecehan terhadap Indonesia itu angin lalu.

Bukan berarti Indonesia bebas dijelekkin seenaknya. Tapi, kita harus jadi warga negara yang sabar. Apakah Indonesia pernah ngebalas Malaysia? No. Apakah kita suka menjelekkan Malaysia? No. Percaya, kebaikan itu selalu ada di atas. One day, kita yang akan ada di atas, kalau kita tetep jadi negara yang tegar dan sabar kayak sekarang ini. Air susu jangan dibalas air tuba. Tapi, air tuba dibalas sama air susu. Keburukan dibalas aja sama kebaikan. Kalau Malaysia udah ngejelekkin Indonesia, dan kita bales ngatain Malaysia (entah itu nyebut mereka MALINGsia, Malingsial, dll) berarti kita sama aja kayak Malaysia, negara rendah banget dan suka ngatain negara lain.

-Elmyra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar